Fokus Area Utama

Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) mempunyai empat komponen (fokus area) utama yaitu:

  1. Kegiatan Analisis yang mencakup kajian tentang penyebab deforestasi dan tentang investasi serta intervensi lain yang dibutuhkan untuk mengurangi deforestasi dan emisi gas rumah kaca
  2. Dukungan bagi proses kesiapan yang mencakup kajian terhadap peraturan-peraturan baru yang relevan dengan REDD+, peningkatan kapasitas lembaga dan pemangku kepentingan, kajian cepat terhadap opsi bagi hasil, subkomponen besar konsultasi dan sosialisasi yang mencakup semua pelaku termasuk Masyarakat Adat dan penyelesaian Kajian Lingkungan Hidup dan Sosial Strategis (SESA) serta penyusunan Kerangka Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Sosial (ESMF)
  3. Kajian dan pengukuran dampak perubahan tata guna lahan terhadap emisi gas rumah kaca yang mencakup kegiatan kajian dan pengukuran dampak dari perubahan tata guna lahan terhadap cadangan karbon, mengembangkan deret waktu perubahan lahan dan mendukung sistem pemantauan stok karbon di tingkat lapangan. Penilaian dan pemantauan stok karbon terutama akan dibiayai oleh FAO (UN-REDD) dan Ausaid.
  4. Pengumpulan data dan peningkatan kapasitas daerah yang mencakup fasilitasi kegiatan REDD+ yang relevan di tingkat sub-nasional (daerah) dengan mengumpulkan data sosial ekonomi dan sumber daya hayati serta para meter-parameter lain yang dibutuhkan.