Emission Reduction-Program Idea Note (ER-PIN)

Dalam mendukung implementasi REDD+ di tingkat global, Bank dunia melalui Program FCPF menyediakan dua skema pendanaan  yaitu Readines Fund  dan Carbon Fund.  Indonesia merupakan salah satu negara penerima Readiness Fund-FCPF melalui kegiatan FCPF: REDD+ Readiness Preparation yang berlangsung dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2014.

Tujuan dari Carbon Fund adalah untuk melakukan “uji-coba” (piloting) pembayaran atas penurunan emisi yang dihasilkan dari suatu landscape hutan dengan pendekatan berbasis hasil (Performance Based).  Setelah berbagai tahapan persiapan dilakukan oleh beragam inisiatif baik yang dilaksanakan oleh  pemerintah, LSM, kelompok masyarakat dan para mitra sejak tahun 2007, oleh sebagian kalangan penggiat REDD+,  Indonesia dianggap sudah saatnya untuk melangkah menuju fase implementasi REDD+ dalam skala “uji coba” tersebut.

Sebelum dapat mengikuti skema Carbon Fund, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui. Negara yang ingin mendapatkan skema Carbon Fund harus terlebih dahulu menyusun ER-PIN. ER-PIN (Emissin Reduction-Program Idea Note) adalah tahap awal dari proses penawaran Indonesia untuk dapat disetujui oleh Bank Dunia sebagai pengelola dana Carbon Fund, untuk terlibat dalam proses penyusunan proposal penuh yang disebut Emission Reduction Project Development (ERPD), yang kemudian diikuti dengan pembuatan kesepakatan Emission Reduction Purchase Agreement (ERPA).

Berikut adalah dokumen ER-PIN Indonesia yang disusun oleh Tim yang merupakan gabungan dari Badan Litbang Kementerian Kehutanan dan Badan Pengelola REDD+…download

Indonesia ER-PIN Draft-20140616-mz